Jumat, 02 Mei 2014

Perubahan Fisika "Es Batu Menjadi Mencair (air)"

Perubahan fisika adalah perubahan materi yang terjadi tanpa mengubah susunan materi sehingga tidak menghasilkan zat baru. Misalnya, air yang wujudnya cair jika dipanaskan berubah menjadi uap air yang berwujud gas. Air dapat pula berubah menjadi es yang wujudnya padat. 
Es yang asalnya berupa air akan berubah kembali menjadi air. Pada peristiwa ini yang berubah hanya wujud zat. Perubahan ini tidak menghasilkan senyawa baru. Es batu dan air merupakan senyawa yang sama, yaitu H2O 
Perhatikan es batu yang di panaskan. Es yang awalnya berwujud padat akan berubah wujud menjadi cair. Es batu dibuat dari air yang berwujud cair, kemudian di dinginkan hingga membeku menjadi padatan yang disebut "es". Perubahan es menjadi air dan air menjadi es merupakan perubahan fisika. 
Penyebabnya perubahan fisika ini  disebabkan oleh perubahan suhu atau karena gaya. Seperti air (cair) yang didinginkan akan menjadi es (padat) atau batu yang diberi gaya maka akan hancur membentuk beberapa batu yang lebih kecil.

Disini saya melakukan percobaan perubahan fisika yaitu es batu menjadi air. Es batu menjadi air adalah salah satu contoh paling mudah untuk kita amati di lingkungan sekitar kita.
Ada alat dan Bahan :
a. Es Batu
b. Tisu

Langkah-langkah yang saya lakukan didalam percobaan ini adalah :
Pertama saya menaruh es batu diatas tisu dan tempat yang terbuka lalu kemudian saya diamkan es batu itu. Lama-lama es batu itu akan mencari sedikit demi sedikit menjadi air dengan sendirinya.

Jadi, es batu jika dibiarkan ditempat terbuka akan perubah wujud dari padat menjadi cair. 

Berikut ini saya mempunyai contoh video es batu menjadi cair (air) :
http://youtu.be/nlKyLGVa0Cw


Tidak ada komentar:

Posting Komentar